Visi, Misi & Tujuan

Visi

“Menjadi Program Studi yang unggul dibidang metodologi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah berkeadaban tahun 2035”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan muatan kurikulum  yang berorientasi pada pengembangan kompetensi metodologi pembelajaran dan penanaman nilai-nilai keadaban dibidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan dibidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan fungsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  4. Menjalin kerjasama, jejaring, dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan dan lembaga lainnya, baik regional, nasional, maupun internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang memiliki kompetensi dan keadaban.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  3. Mewujudkan pengabdian pada masyarakat yang beroientasi pada penguatan dan fungsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  4. Mewujudkan kerjasama, jejaring dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan dan lembaga lainnya baik nasional, regional maupun internasional.

Kompetensi

Prodi PGMI FTIK IAIN Palu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi utama sesuai visi yaitu:

  1. Memiliki kompetensi dalam penguasaan strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sesuai bidang studi dan materi yang akan diajarkan.
  2. Memiliki Kemampuan mengembangkan materi berdasarkan tema-tema materi MI/SD pada kelas rendah.
  3. Kompetensi sikap : lulusan PGMI diharapkan mampu mengamalkan ajaran agama Islam dengan baik dan benar, memiliki sikap sopan santun dan beradab.

Kompetensi Pendukung Lulusan

Disamping kompetensi utama, Jurusan PGMI FTIK IAIN Palu juga berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan tambahan (penunjang). Kompetensi ini merupakan kompetensi keahlian  dibidang  PGMI  yang  merupakan  pilihan/minat  bagi  mahasiswa untuk menguasai secara mendalam. Kompetensi ini menunjukkan keunggulan Jurusan PGMI, jika dibandingkan dengan Jurusan PGMI perguruan tinggi lainnya. Kompetensi Pendukung lulusan berupa:

  1. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam Ilmu-Ilmu Keislaman.
  2. Memiliki kemampuan dalam bidang Baca Tulis Al Qur’an.
  3. Memiliki kemampuan dalam aplikasi teknologi informasi dan komunikasi (komputer).
  4. Pengakuan, yakni kemampuan yang diperoleh mahasiswa di luar kompetensi-kompetensi tersebut dan diluar kampus yang dianggap sebagai keunggulan komparatif. 

Kompetensi Pilihan Lulusan

Kompetensi pilihan lulusan adalah kemampuan tambahan di luar kedua kompetensi tersebut yang bersifat opsional (pilihan) dan diharapkan dimiliki oleh lulusan dan bersifat institusional. Kompetensi ini dapat berupa:

  1. Memiliki kompetensi dalam hal pengelolaan/administrasi Madrasah.
  2. Memiliki kemampuan seni budaya lokal (khas daerah).
  3. Memiliki kompetensi olah raga.
  4. Memiliki kompetensi kewirausahaan

Kompetensi pendukung tersebut dapat berupa paket kelompok matakuliah/kompetensi yang merupakan satu kesatuan (kompetensi) atau matakuliah /kompetensi lepas, yang ditawarkan oleh jurusan, penyusunan dan pengembangan kompetensi pilihan dilakukan oleh jurusan dibawah koordinasi Dekan dengan pertimbangan senat.

Lapangan Pengabdian Lulusan

  1. Tenaga profesi guru agama Islam /guru kelas di SD/MI.
  2. Tenaga/pegawai di berbagai instansi dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Manager dan administrator pada lembaga-lembaga pendidikan.
  4. Dosen pada perguruan tinggi negeri dan swasta.